Combine Post

PENGENALAN SOFTWARE 3DS MAX

PENGENALAN SOFTWARE 3DS MAX


1. Pengenalan 3ds max dan Fungsi nya
Sekilas 3ds max <<
Discreet 3DS Max merupakan software dimensi tiga yang dapat membuat objek dimensi tiga tampak realistis. Keunggulan yang dimiliki adalah kemampuannya dalam hal modeling dan animasi, yaitu memodifikasi dan memperindah tampilan visual.

Penggunaan 3dsmax saat ini :
Arsitektur
3ds max merupakan program "penting" selain beberapa program 3 dimensi lainnya. Digunakan sebagai sarana presentasi sebuah desain arsitektural ( Eksterior, Interior, Furnitur )
Modelling
Merupakan program yang mudah dan cukup populer dalam pembuatan objek - objek rumit.
Animasi

Pembuatan animasi sebagai bahasan tingkat lanjut dari 3dsmax. Digunakan pada pembuatan produksi animasi.
Interface <<
Bagian penting 3ds max <<
  • Menu Bar : berisi semua fasilitas 3dsmax
  • Toolbox : berisi peralatan yang mudah dikenali
  • Command Panel : tool utama sebagai pembentuk objek, editing, dan fungsi lain
  • View port : bidang kerja 3dsmax. Didalam bidang kerja terdapat grid dan UCS ( User Coordinate System )icon. UCS merupakan simbul koordinat 3 dimensional ( sumbu x, y, z )
  • Time Line : digunakan pada animasi. Angka yang ditampilkan menunjukkan frame
  • Stasus Bar : status operasi
  • Navigasi : alat bantu dalam melihat objek
2. Modelling dan editing
Modelling <<
Adalah istilah umum yang digunakan dalam membuat sebuah objek / rancangan secara 3 dimensional. Untuk mengenal modeling 3dimensi, perlu dipahami dulu pemodelan secara 2dimensi. Dalam membuat objek apapun selalu dimulai pada tab "create" ( tab 1 ) di bagian COMMAND PANEL
Modelling 2 dimensi <<
Alat yang digunakan terdapat pada sub tab ke-2 ( Shape ). Selanjutnya klik pada tombol - tombol di bawahnya untuk membuat objek.

Latihan :
  1. membuat objek garis lurus / lengkung, bersambung, menutup
  2. membuat objek standar ( kotak, lingkaran, arc )
Bantuan : Gunakan tombol - tombol navigasi, untuk berpindah bidang pandangan ( view ), maupun bidang kerja ( viewport ).


Pada bagian atas :
  • Zoom window : memperbesar/memperkecil tampilan dengan mendrag
  • Zoom All : hampir sama dengan Zoom Window
  • Zoom Extend : memperbesar layar penuh pada viewport terpilih
  • Zoom Extend All : memperbesar layar penuh pada semua viewport
Pada bagian bawah :
  • Zoom Region : memperbesar dgn mengkotak view
  • Pan : menggeser bidang kerja
  • Orbit : memutar posisi pandang ( secara 3 dimensional - digunakan pada perspektif viewport )
  • Toggle min-max : mengganti tampilan menjadi 1 viewport
Untuk mengedit objek hasil pembuatan, setelah membuat objek pada viewport, lihat bagian di bawah tombol - tombol pembuat objek. Akan muncul parameter dari objek terakhir yang dibuat. Area ini dsebut sebagai parameter rollout, karena dapat di geser ( di roll bilamana monitor kurang menampilkan semua parameter ).
Untuk mengedit objek hasil pembuatan yang sudah dilakukan, digunakan Modify Tab ( tab ke 2 pada COMMAND PANEL )

Setelah memilih objek yang akan diedit, klik pada tab modify. Akan muncul rollout properti dari objek terpilih.
Bantuan : Gunakan tombol - tombol seleksi untuk memilih objek.

  • Tombol seleksi : Klik untuk memilih objek secara langsung
  • Select by name : Klik untuk menampilkan jendela pemilihan berdasarkan nama objek
  • Region selection : Klik dan tahan untuk memunculkan tombol pemilihan dengan modus kotak, bundar,dll
  • Window/crossing : Klik untuk menghidup-mati kan modus " terpotong/didalam" seleksi.
Dibawah bagian paling bawah command panel akan terdapat parameter rollout seperti pada langkah sebelumnya.
Transform tool <<
Adalah satu paket peralatan yang digunakan dalam mengubah posisi objek Ada 3 tool :

Select and Move Memindahakan objek. Caranya dangan memilih objek, kemudian dekatkan kursor ke sumbu UCS sehingga warnanya berubah menjadai kuning. Kemudian geser searah / berlawanan arah panah sumbu UCS Select and Rotate Memutar objek. Caranya dengan memilih objek kemudian dekatkan kursor ke sumbu putar UCS. Geser mengikuti petunjuk UCS Select and Scale Membuat objek menjadi lebih besar atau lebih kecil Sebagai bantuan dalam men-transform objek, gunakan tombol [F12], atau klik kanan pada icon toolbar transform.

Line / Spline <<
Untuk objek line dan spline terdapat 3 sub objek penting yang dapat diolah: Vertex : Titik objek, klik untuk memilih titik - titik pembentuk line
Segment : Segmentasi, klik untuk memilih garis pembentuk line
Spline : Spesial line, klik untuk memilih satu kesatuan line.
Setelah memilih sub objek, sub objek akan menyala, dan bagian objek siap dipilih untuk di modifikasi.



Bezier : membentuk garis lengkung dengan 1 garis singgung 2 tangan
Corner : membentuk titik ujung garis lurus
Bezier Corner : membentuk garis lengkung dengan 2 / 3 garis singgung
Smoth : membentuk garis lengkung tanpa garis singgung


Latihan modifikasi :
  1. merubah bentuk line menjadi bentuk berbeda dengan memindah titiknya.
  2. menambah dan mengurangi titik
  3. mengganti garis lurus menjadi garis lengkung, dan sebaliknya.
  4. memindah segmen garis untuk membentuk spline lain namun tetap satu kesatuan

Bantuan : Gunakan transform tool untuk memodifikasi subobjek

Editable Spline
Objek 2 dimensi shape yang dibuat mempunyai parameter terukur dan dapat diganti, namun dengan bentuk yang sama / sejenis. Objek shape ini dapat diubah menjadi Editable Spline, dengan meng-klik kanan pada objek shape, kemudian pilih opsi convert to editable spline. Hasilnya adalah objek shape berubah menjadi objek Spline sehingga dapat diedit seperti objek line pada latihan sebelumnya.


Modelling 3 dimensi
Membuat model objek 3 dimensi, merupakan pekerjaan yang menyenangkan.

Dari tombol - tombol pembuat objek 3 dimensi ini, dapat di ciptakan modeling - modeling lebih lanjut guna keperluan arsitektural, maupun objek organik. Cara membuat objek sendiri berbeda- beda untuk setiap jenis. Namun pada intinya sama, setelah meng-klik tombol, klik tahan pada viewport untuk menentukan titik awal pembuatan objek, kemudian drag ke arah berbeda untuk membuat objek sisi bawahnya, lepaskan mouse dan geser mouse ke arah lain untuk membentuk objek secara 3 dimensi, kemudian klik. Jika terdapat parameter lain, maka setelah klik mouse perlu digeser lagi ke arah lain.




Contoh :
Box ini memiliki 3 segmen panjang, 2 segmen lebar dan 4 segmen tinggi.
Dalam objek 3 dimensi terdapat satu parameter "segmen". Ini digunakan guna menentukan jumlah face / segmen pada satu sisi opsi.
Latihan :
1. membuat objek standar, box, cylinder, dll
2. membuat objek dengan ukuran tertentu.
3. membuat objek kompleks tersusun. ( meja, kursi, ruang interior )

Bantuan : Gunakan transform tool untuk memodifikasi objek. Parameter rollout digunakan untuk mengganti ukuran/dimensi objek.
Untuk mendapatkan posisi yang presisi, manfaatkan bantuan tombol snaps. Perlu dibiasakan menghidup-mati kan tombol snaps, pada saat yang tepat. Untuk mengganti parameter snaps, klik kanan pada tombol snaps.

Editable poly
Seperti pada objek shape, objek 3dimensi pun dapat kita ubah menjadi objek polygon dengan mengklik kanan dan memilih convert to editable poly.
Ini penting dilakukan guna pengembangan objek 3 dimensi yang lebih luas dan sesuai dengan keinginan.
Setelah objek menjadi editable poly, kita dapat melakukan editing lebih lanjut dengan memilih sub objeknya. Dalam mengedit lebih lanjut, ada 2 tool yang sering dipakai guna kepentingan pengembangan objek poly ini.
Extrude : menambah ketinggian pada face
Bevel : menambah ketinggian dengan kemiringan tertentu pada face
Contoh :
Buat sebuah box dengan ukuran tertentu, ubah menjadi editable poly, aktifkan sub-objek polygon, kemudian pilih salah satu face objek pada viewport. Klik kanan kemudian pilih extrude / bevel. Masukkan angka dalam jendela yang muncul. Tekan enter. Jika terlihat cocok. Tekan OK.

Setelah melakukan extrude / bevel, gunakan transform tool untuk menyempurnakan posisi pekerjaan kita. pilih subobjek vertex ( titik ujung ), edge ( garis tepi pembentuk ), maupun polygon ( sisi permukaan segmen ). Kemudian transformasikan objek dengan move, rotate, maupun scale untuk mendapat hasil yang diinginkan.
Contoh lain :

SHARE

Ahmad Nurhidayat

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Maju terus gan... :-b ku tunggu kunjungan balik di blog ane gan http://fajardjoekerz.blogspot.com/… :o

    ReplyDelete